Kamis, 06 Desember 2007

Left First

Bagian kiri dari tubuh perlu kita gunakan pertama kali setiap kita melakukan sesuatu. Saat kita melangkah, gunakan kaki kiri lebih dulu, jika makan gunakan dan utamakan tangan kiri dulu, jika kita tidur utamakan menghadap miring ke kiri. Kenapa demikian? Itu sebagai bentuk tantangan terhadap konservatifisme fundamentalisme yang kita sebut juga sebagai kaum kanan (dan uniknya juga selalu mengutamakan organ yang sebelah kanan dalam kegiatan sehari-hari mereka).
Kita sebagai orang Indonesia jarang menawarkan jabat tangan dengan tangan kiri. Cobalah untuk menawarkan jabat tangan kepada orang-orang yang kita temui dengan tangan kiri kita.
Bagi orang yang tidak kidal, usaha seperti ini merupakan sebuah perjuangan yang cukup berat dan sekaligus menyenangkan. Dengan melatih organ-organ yang tidak biasa kita pergunakan secara naluriah, maka kita sedang berlatih untuk menyadari segala sesuatu yang sedang kita kerjakan.
Melakukan latihan organ kiri seperti itu, memiliki efek yang luarbiasa bagi fisik. Efek jangka pendek maupun panjangnya terasa sangat cepat, yaitu:
1. Peningkatan kesehatan jantung. Dengan tidur menghadap ke arah kiri, maka jantung akan terbantu untuk memasuki rongga sentral tubuh, sehingga lebih terlindung dan hangat.
2. Peningkatan aktifitas otak, sehingga kita tidak mudah pelupa dan lebih mudah berkonsentrasi. Hal ini karena otak kiri dan kanan dilatih secara bersama-sama.
3. Penyakit-penyakit karena stress dan depresi berkurang secara signifikan. Pengaktifan organ-organ kiri membuat tubuh dan mental terasa nyaman dan terlindung.
4. Dengan mengaktifkan organ kiri, maka kita merasa lebih lega karena bisa terlepas dari beban mitologis yang didengungkan sejak lama oleh budaya maupun kepercayaan. Seperti kita ketahui, semakin kita terikat oleh sebuah kepercayaan, maka hal itu akan menekan dan membebani mental kita. Hal tersebut adalah sumber penyakit jiwa maupun fisik.
Demikianlah tawaran saya ini. Anda perlu memperjuangkannya di lingkungan sosial dan keluarga anda, misalnya dengan mengajarkannya sejak awal pada anak-anak anda.
Dengan upaya tersebut, semoga perjalanan peradaban Indonesia bisa menjadi lebih baik, dan kita bisa terlepas dari keterpurukan dan beban hinaan masyarakat dunia.

Tidak ada komentar:

SiteSearch Google

Google