Minggu, 25 November 2007

MERUBAH RASA MENJADI ENERGI

MERUBAH RASA MENJADI ENERGI
Oleh Boedhi Margono
tentor Yoga Merah Hitam

-kebenaran tanpa kebebasan adalah kejahatan-
(Boedhi Margono, 2004)

Teknik lain yang dikembangkan oleh Yoga Merah Hitam, selain teknik menikmati rasa, adalah teknik merubah/mentransformasikan rasa menjadi energi.
Caranya adalah sebagai berikut:
ketika anda menyadari sebuah perasaan, atau sensasi rasa tertentu, bayangkanlah bentuknya seperti apa. Anda mungkin kesulitan atau tidak bisa melihat dan membayangkannya sebagai bentuk. Tetapi coba rasakan rasa itu sebagai “sesuatu” yang memiliki “bentuk”, dan memiliki “energi”.
Pembagian definisi rasa itu adalah:
Rasa tak enak, seperti rasa benci, sedih, marah, jengkel, gondok, ngelangut, iri, dendam, dan sebagainya disebut sebagai rasa negatif.
Rasa enak seperti senang, nikmat, gembira, orgasme, disebut sebagai rasa positif.
Rasa senang karena melihat mahluk lain menderita adalah rasa positif yang negatif.
Rasa sedih karena melihat mahluk lain menderita disebut rasa negatif yang positif
Rasa senang melihat mahluk lain gembira adalah rasa positif yang positif (positif kuadrat)
Rasa sedih karena melihat mahluk lain gembira adalah rasa negatif yang negatif (negatif kuadrat)
Saat anda merasakan semua rasa itu bayangkan sesuai dengan identitasnya, apakah positif, atau negatif, atau positif kuadrat, atau positif yang negatif, dan sebagainya. Setelah anda tahu batasan dan identitasnya, maka secara alamiah anda akan tahu kira-kira bentuk, warna, kekuatan, bahaya, serta keuntungan, dari rasa tertentu itu seperti apa. Bagi seorang yang berimajinasi kuat, maka perasaan dendam bisa dilihat dan dirasakan seperti gumpalan asap yang hitam dan beracun, rasa iri seperti sesuatu gumpalan yang berduri, rasa senang seperti cahaya indah yang berwarna-warni. Setiap orang mungkin punya gambaran sendiri-sendiri tentang hal itu. Rasa menyenangkan bagi sebagian orang bisa berupa bayangan bunga atau coklat yang enak, misalnya. Andaikan bentuk itu kemudian anda rasakan menjadi bentuk yang terlalu spesifik, maka coba kembali ke titik sederhana, dengan sekedar membayangkannya menjadi “sesuatu berbentuk energi”.
Bayangkan rasa itu berubah, bertransformasi menjadi sebuah energi yang lebih positif. Energi yang dulunya gelap, berduri, beracun, segeralah anda rubah menjadi energi yang lebih baik. Bayangkanlah sebagai sesuatu yang demikian nyata. Warnanya berubah menjadi keemasan yang berpendar-pendar dan memancar ke dalam dan keluar diri anda.
Rasakan energi itu memenuhi asal dimana rasa terdahulu mengeram. Anda juga bisa membayangkan dan mengalirkan energi baru yang berpendar-pendar itu menyelimuti dan memenuhi diri anda.
Anda bisa menambahkan latihan ini: Rasakan energi itu memendarkan cakra-cakra dalam tubuh anda. Bayangkanlah secara bebas saja.
Rasakan energi itu membangkitkan energi kundalini dari tandonnya. Kudanlini itu lalu aktif dan menjilat-jilat seperti api dari jalurnya ke atas.
Anda bayangkan energi api kundalini, energi positif perasaan, serta pendaran cakra, menjadi berbinar-binar dan demikian aktif. Tentu saja dengan caranya sendiri-sendiri.
Demikianlah latihan merubah rasa menjadi energi ini. Lakukanlah secara intensif setiap saat. Latihan ini justru sangat efektif dan mudah dilaksanakan saat anda sedang bepergian, misalnya naik motor. Latihan ini juga lebih mudah dilakukan saat anda berinteraksi dengan orang banyak. Hal ini karena saat bersama orang banyak, maka banyak emosi yang terpicu dan terbentuk dalam diri anda. Efek-efek positif dan negatif imbas dari orang dan mahluk lain pun mudah kita alami.
Saat anda berlatih sendirian di dalam rumah, hal ini tak sebegitu mudah dilakukan. Namun jikla anda mampu, maka anda bisa mengembangkannya menjadi latihan pembangkitan cakra, kundalini, serta penyimpanan energi untuk kekuatan gaib.
Efek dari latihan ini sangatlah kuat. Anda akan merasa sehat, gembira, dan mudah berinteraksi dengan orang lain. Latihan ini juga akan merubah sifat-sifat buruk anda menjadi lebih baik. Jika anda adalah pembenci, pendendam, suka iri hati, dan senang menyakiti mahluk lain, maka anda cocok untuk melakukan latihan ini.
Tentu saja untuk bisa berlatih metode ini, mereka yang pendendam, jahat, iri hati, dengki, harus menyadari terlebih dahulu bahwa sifat-sifat yang mereka miliki itu adalah sifat yang tidcak baik. Selama anda tidak bisa menyadari hal tersebut, maka latihan ini akan sulit anda lakukan, karena ada proses penolakan alami dari dalam diri dan fikiran anda. Anda harus bisa merubah diri anda dari sosok setan pengganggu perjalanan kesucian diri sendiri serta mahluk lain, menjadi sosok seorang calon yang bakal tercerahkan.
Latihan ini juga cocok untuk mereka yang karena kelemahan, ketakutan, ketidakberdayaan diri, kemudian menjadi senang dan mudah menyalahkan orang lain. Dengan latihan ini maka anda akan merasakan bahwa semua hal yang anda alami bisa ditransformasikan menjadi lebih baik. Anda juga akan belajar memahami dan merasakan sebuah peristiwa dalam perspektif yang berbeda. Ada hikmah dari segala hal, dan semua orang adalah sumber pembelajaran (guru) bagi kita.
Tentu saja, pada suatu saat anda pun diharapkan tak hanya bisa merubah diri sendiri menjadi lebih baik, tetapi juga orang lain menjadi lebih baik. Kalau bisa, selalulah memberi nasihat kepada mereka yang gemar berbuat jahat, iri, dendam, fasis, suka memerintah, konservatif, dan fundamentalis untuk bisa sadar dari kesesatannya.
Latihan ini juga mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh orang yang bodoh. Karena sifatnya yang dinamis (karena rasa selalu datang dan pergi secara cepat dan tak terduga-duga), maka latihan ini juga enak dilakukan oleh mereka yang pembosan. Latihan ini bersifat sangat aman, tidak ada potensi bahaya dalam tingkat tinggi dibandingkan latihan yoga tari dengan keris, misalnya.
Saya menyarankan anda melakukan latihan ini tanpa menggunakan mantra. Anda juga tidak saya sarankan memadukan latihan ini dengan latihan nafas. Lakukanlah latihan merubah rasa menjadi energi ini secara generik dan sesederhana mungkin.
Waktu yang terbaik untuk memulainya adalah saat bangun pagi saat tubuh masih sangat segar. Anda juga bisa melaksanakannya dengan niat di malam hari saat anda hendak tertidur. Efeknya mungkin adalah anda akan tidak tertidur lelap, namun terus melakukan praktik latihan itu, bahkan hingga saat anda tertidur dan bermimpi. Namun demikian, latihan ini tidak akan membuat anda menjadi lelah dan lemas saat bangun tidur. Justru tubuh anda akan merasa demikian sehat, segar, gembira, dan bertenaga.
Bagi mereka yang sudah menjalankan latihan ini, maka akan segera terasa efeknya:
tubuh menjadi lebih sehat dan segar
perasaan menjadi lebih positif. Mereka yang jahat segera sembuh dari kejahatannya. Merek yang penyedih atau menderita manik depresif menjadi lebih gembira perasaannya
menjadi lebih sakti
menjadi lebih awas terhadap masa depan
karma baik lebih mendekati mereka. Menjadi lebih sering beruntung
lebih disukai oleh orang-orang lain di sekitar kita
menjadi lebih bijaksana dan tak suka menyalahkan orang lain
menjadi lebih berani untuk bertindak dan menyampaikan fikiran kita kepada orang lain
Semoga manfaatnya segera bisa anda rasakan.
Demikianlah latihan yang saya tawarkan kepada anda. Semoga efek-efek positifnya segera bisa anda rasakan.
10:03:14
20/07/07

Tidak ada komentar:

SiteSearch Google

Google